Penyebab Smart Pricing AdSense dan cara mengatasinya
Penyebab Smart Pricing AdSense dan bagaimana Cara Mengatasinya - Smart pricing adalah teknik otomatis yang digunakan oleh program google adsense untuk melindungi advertiser atau pemasang iklan yang kerugian, dengan cara mengecilkan nilai CPC atau biaya perklik untuk iklan milik advertiser. Jadi memang harus diakui Google adsense sangat berpengalaman sekali dalam media periklanan terutama media periklanan dengan metode paid per click (PPC), adsense sangat professional sehingga selalu berupaya untuk menghindari hal-hal yang bisa membuat para pemasang iklan advertiser merugi dan tanpa mengurangi target yang diharapkan, berdasarkan pertanyaan resmi google adsense, metode smart pricing dugunakan untuk melindungi para advertiser ketika mereka dapat banyak para advertiser yang mengalami kerugian, oleh karena itu dalam upaya untuk melindungi para advertiser dari kerugian, adsense memperkenalkan metode ampuh yaitu smart pricing.
Pasti tidak sedikit dari kalian sebagai publisher adsense yang pernah mengalami mendapatkan nilai CPC untuk tiap klik iklan sangat kecil bahkan hampir mendekati $0.01, jika anda sering mendapatkan rata-rata nilai Iklan CPC sangat kecil untuk setiap klik iklan yang anda dapatkan dalam jangka waktu yang lama, bisa jadi akun google adsense anda terkena smart pricing yang mungkin disebabkan oleh salah satu Blogger atau situs anda yang dipasangi iklan google adsense.
Jadi smart pricing bisa dialami situs atau blog dikarenakan konten situs tersebut dianggap tidak berkualitas, iklan yang muncul tidak relevan dengan konten artikel blog dimana iklan itu muncul, banyak para visitor yang melakukan klik iklan dan dibawa ke situs advertiser namun mereka dengan cepat menekan tombol back atau bahkan langsung menutup halaman kurang dari 10 detik, atau mungkin juga bisa berdampak adanya yang klik iklan adsense tidak melakukan aksi apapun seperti tidak membeli produk yang ditawarkan, tidak menjadi member, tidak melakukan download dll. Nah perlu kita akui bahwa Google semakin berpengalaman dalam bisnis PPC (paid per click) yang pasti dia yang punya hehe, sehingga mereka mampu memonitor aktivitas para pengeklik iklan dengan profesional.
Nah ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah smart pricing google adsense yang kalian alami selama ini, sebagai berikut:
Tetapi ini juga yang harus dijadikan pertimbangan ketika anda berkeinginan ingin mendapatkan penghasilan berlimpah dari adsense, kemudian anda bekerjasama dengan pemilik blog lain untuk memasang iklan adsense anda, berhati-hatilah barangkali ada blognya yang menjadi partner kalian, blog yang sudah terkena smart pricing, atau blog yang bisa menyebabkan adsense anda terkena smart-pricing, dan tentu saja sekali terkena smart pricing maka akan berimbas untuk akun adsense Kalian.
Menurut saya lebih menyarankan menempatkan iklan google adsense pada lokasi strategis yang dapat terhindar dari klik tidak sengaja dan iklan dapat dibedakan dengan konten, sebaiknya pengunjung dapat membedakan bahwa itu yang dituju ke iklan, sehingga pengunjung yang klik iklan adalah pengunjung yang memang berminat terhadap iklan tersebut.
Sekian dari saya, hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kali ini tentang Penyebab Smart Pricing AdSense dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.
Pasti tidak sedikit dari kalian sebagai publisher adsense yang pernah mengalami mendapatkan nilai CPC untuk tiap klik iklan sangat kecil bahkan hampir mendekati $0.01, jika anda sering mendapatkan rata-rata nilai Iklan CPC sangat kecil untuk setiap klik iklan yang anda dapatkan dalam jangka waktu yang lama, bisa jadi akun google adsense anda terkena smart pricing yang mungkin disebabkan oleh salah satu Blogger atau situs anda yang dipasangi iklan google adsense.
Saya akan sebutkan beberapa faktor penyebab Smart Pricing Google Adsense
Faktor situs apa sajakah yang terjangkit gejala Smart Pricing:
- Berbahasa lokal yang otomatis pengunjung lokal juga
- Konten tidak relevan dengan iklan yang muncul
- Dianggap tidak menghasilkan ROI
- Niche yang luas dan tidak spesifik
Faktor yang menetukan nilai klik iklan:
- Harga iklan – HPK
- Kualitas iklan
- Kompetisi ruang iklan
- Campaign iklan
- Bidding BPK Advertiser
- Fluktuasi pengiklan
- Target visitor yang klik iklan
- Isi konten yang relevan antara kata kunci search engine, landing dan visitor
Jadi smart pricing bisa dialami situs atau blog dikarenakan konten situs tersebut dianggap tidak berkualitas, iklan yang muncul tidak relevan dengan konten artikel blog dimana iklan itu muncul, banyak para visitor yang melakukan klik iklan dan dibawa ke situs advertiser namun mereka dengan cepat menekan tombol back atau bahkan langsung menutup halaman kurang dari 10 detik, atau mungkin juga bisa berdampak adanya yang klik iklan adsense tidak melakukan aksi apapun seperti tidak membeli produk yang ditawarkan, tidak menjadi member, tidak melakukan download dll. Nah perlu kita akui bahwa Google semakin berpengalaman dalam bisnis PPC (paid per click) yang pasti dia yang punya hehe, sehingga mereka mampu memonitor aktivitas para pengeklik iklan dengan profesional.
Cara Mengatasi Smart Pricing Google adsense
Nah ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah smart pricing google adsense yang kalian alami selama ini, sebagai berikut:
1. Buatlah Konten yang berkualitas
Seperti apa konten yang berkualitas?, Nah konten yang berkualitas adalah isi artikel yang memang bermanfaat, bagi para pengunjung dan sangat informatif, jangan sekali-kali menargetkan artikel hanya untuk mesin pencari, memang banyak ditemukan artikel yang untuk di khususkan di mesin pencari, dan ketika dibaca sama sekali tidak mengandung informasi yang jelas, konten seperti itu sangat dibenci oleh pengunjung dan juga google, dan bisa menyebabkan google adsense anda terkena smart pricing. Jadi ingat konten adalah raja, maka perbaikilah dan fokuslah untuk konten anda.2. Harap hati-hati memasang adsense pada situs kurang berkualitas
Nah jika kalian kebetulan memiliki banyak situs dan adsense yang anda miliki dipasangi google adsense untuk setiap situs yang anda miliki sebaiknya anda pantau terus, bisa jadi ada dari salah satu situs anda dianggap kurang berkualitas dan menyebabkan smart pricing pada akun google adsene kalian. Jadi ingat jika satu blog menyebabkan smart pricing maka akan berefek pada akun google adsense kalian. Nah dikarenakan smart pricing bukan untuk situs namun untuk akun adsense anda.Tetapi ini juga yang harus dijadikan pertimbangan ketika anda berkeinginan ingin mendapatkan penghasilan berlimpah dari adsense, kemudian anda bekerjasama dengan pemilik blog lain untuk memasang iklan adsense anda, berhati-hatilah barangkali ada blognya yang menjadi partner kalian, blog yang sudah terkena smart pricing, atau blog yang bisa menyebabkan adsense anda terkena smart-pricing, dan tentu saja sekali terkena smart pricing maka akan berimbas untuk akun adsense Kalian.
3. Penempatan iklan adsense
AdSense menganjurkan untuk meletakan iklan adsense anda di tempat tempat yang memang bisa menghindari nilai klik tidak sengaja, jika banyak terjadi klik tidak valid, karena tidak sengaja klik, bisa jadi visitor sendiri tidak menghendaki dan jika dibawa ke situs yang advertiser, tidak jarang pengunjung akan langsung menutup tampilan halaman advertiser secara langsung, dan ini jika terlalu sering terjadi akan membawa dampak buruk untuk akun adsense kalian. Maka oleh karena itu jangan sekali-kali anda memasang iklan dengan sengaja agar iklan bisa mudah terklik tanpa sengaja. Jadi berhati-hatilah, karena google adsense semakin profesional dan dapat memonitor setiap klik yang terjadi.Menurut saya lebih menyarankan menempatkan iklan google adsense pada lokasi strategis yang dapat terhindar dari klik tidak sengaja dan iklan dapat dibedakan dengan konten, sebaiknya pengunjung dapat membedakan bahwa itu yang dituju ke iklan, sehingga pengunjung yang klik iklan adalah pengunjung yang memang berminat terhadap iklan tersebut.
4. Meningkatkan Pengunjung Organik
Meningkatkan pengunjung untuk adsense yang paling baik adalah pengunjung organik, yaitu pengunjung yang datang dari mesin pencari google, pengunjung organik disinyali dapat meningkatkan nilai CPC untuk iklan yang bersangkutan, Nah kalian harus meningkatkan pengunjung organik salah satunya adalah dengan teknik optimasi mesin pencari atau lebih dikenal dengan seo, baik itu seo onpage, maupun seo offpage. silahkan optimalkan seo blog kalian.5. Copot Iklan Selama Beberapa waktu
Nah jika kalian terkena smart pricing maka cara terbaik yang banyak di anjurkan oleh publisher adsense berpengalaman adalah mencopot semua pemasangan kode iklan di setiap blog, harus semuanya, dikarenakan akan terkena pada akun google adsense bukan pada salah satu blog kalian, dan pasang kembali iklan adsense anda di blog yang memiliki kualitas yang baik.6. Pasang adsense pada blog yang memiliki niche atau topik khusus berkualitas
Iklan AdSense yang dipasang pada blog yang memiliki tema khusus, akan menampilkan iklan yang sangat relevan dengan konten atau isi artikel blog tersebut, dan jika iklan yang diklik adalah iklan yang dituju visitor atau memang benar-benar relevan maka nilai CPC tentu saja akan sangat tinggiSekian dari saya, hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kali ini tentang Penyebab Smart Pricing AdSense dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Artikelnya bagus. Yg gk bagus photo penulisnya. Thx ya kak
ReplyDeleteWaduh hehe saya tampan gini wkwkwk :v Oke ywc ^_^
DeleteKonten berkualitas itu kayak gimana
ReplyDelete1. Konten yang berkualitas akan sangat mudah ditemukan pada mesin pencarian google, meskipun hanya menggunakan dua kata kunci saja atau bahkan satu kata kunci saja.
ReplyDelete2. Konten yang berkualitas akan selalu dibagikan oleh para pembaca melalui sosmed atau bisa saja dijiplak oleh blogger lainnya yang ingin membuat persaingan pada mesin pencarian google. Akan ada dua hal alasan seseorang yang membagikan konten anda, misalnya pada saat seseorang menemukan konten yang sangat bagus dan mereka ingin menyebarkannya, setidaknya mencantumkannya di timeline Facebook atau Instagram.
3. Konten yang berkualitas juga akan sangat mudah untuk dicerna dalam memahami setiap bagian pada artikel tersebut.
4. Konten yang berkualitas juga akan selalu diingat oleh para pembaca yang ingin memperkaya pengetahuannya melalui rangkuman yang sedang dipahami.